Cetak Jurnalis Handal Harapan Bangsa



Di era modern seperti sekarang ini tentunya kita tak akan bisa lepas dari teknologi serta informasi yang terbarukan. Setiap orang harus memiliki wawasan luas dalam berbagai hal, dan media massa adalah salah satu sarana mendapatkan informasi. Tak semua orang berpotensi menjadi seorang jurnalis yang pintar dan tanggap dalam menjawab tantangan zaman. Oleh karena itu, OSIS MA NU Banat Kudus mengadakan LDJ (Latihan Dasar Jurnalistik) setiap tahunnya guna mengembangkan potensi peserta didik dalam kepenulisan terutama dalam kepenulisan di dunia massa.
                Dimulai pada Rabu, 16 Desember 2015 sekitar kurang lebih 88 peserta didik yang memiliki bakat dan minat dalam jurnalistik ikut dalam pelatihan. Mereka belajar mulai dari manajemen redaksi majalah sekolah hingga layout (tata letak suatu media). Dibawakan oleh para pemateri yang tak diragukan lagi kejurnalistikannya seperti Pak Muhammad Oliez (jurnalis Suara Merdeka), Pak Alan (Pimred Radar Kudus), dan Ibu Merry (Pimred koranmurianews.com).
                Untuk lebih memantapkan lagi materi yang telah didapat, para peserta diajak mengunjungi Situs Purbakala Sangiran, Sragen, Jawa Tengah  guna melakukan praktek dan observasi. Observasi dilakukan pada hari Jum’at, 18 Desember 2015. Setelah dari Sangiran peserta juga diajak bersilaturahim ke Kantor Redaksi Radar Solo. Walaupun hujan sempat mengguyur, tapi tak menjadikan niat untuk silaturahim kandas di tengah jalan. Di sana, peserta dijelaskan tentang bagaimana seluk beluk membuat bulletin sekolah yang baik.
                Harapan ke depan, BJC (Banat Journalist Club) dapat mencetak jurnalis-jurnalis handal pembawa kebenaran serta kepercayaan masyarakat. Amiin 


(kai/red)

Komentar